Vrydag, 22 Maart 2013

Perkembangan Komputer Generasi 1 sampai sekarang


#PERKEMBANGAN KOMPUTER 
Dari Generasi 1 Sampai Sekarang#
Assalamu'alaikum.Wr.Wb
Salam sukses sobat...!!
Udah pada kenal dan tahu bukan sejarah komputer yang sangat pesat hingga terus berkembang ampe sekarang..nich ana pstingin yach sedikit info nya..
 
1. Komputer Gen-1
ENIAC
ENIAC, singkatan dari Electronic Numerical Integrator And Computer, adalah komputer elektronik penuh pertama yang didesain agar Turing-complete, yang mampu diprogram ulang dengan cara mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis masalah perhitungan.
ENIAC mendapatkan pemberitaan yang luas karena ukurannya yang besar. Ia memiliki 17.468 tabung vakum, 7.200 diode kristal, 1.500 pemancar, 70.000 resistor, 10.0000 kapasitor dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan. Beratnya 27 ton dan ukurannya 2,4 m x 0,9 m x 30 m. ENIAC mengambil luas sekitar 167 m² dan mengonsumsi energi sebesar 160 kW.

Cara kerja ENIAC

ENIAC mempunyai dua puluh slot akumulator yang masing-masing nya sepuluh digit dan setiap detiknya dapat melakukan 5000 proses penambahan dan pengurangan sederhana di antara keduapuluh angka-angka tersebut. Empat slot akumulator digunakan dengan sebuah unit "pengali" dan setiap detiknya dapat dilakukan 385 proses perkalian. 5 slot akumulator yang dikendalikan dengan unit "pembagi pengakar pangkat dua" setiap detiknya dapat menjalankan 40 operasi pembagian dan 3 operasi pengakar-dua-an. Sembilan unit lainnya adalah "Unit Pemulai" (memulai dan memberhentikan mesin), "Cycling Unit" (mensinkronkan unit unit yang lain), master programer (mengendalikan sekuens loop), unit pembaca (dikendalikan dengan pembaca punch card IBM), constant transmitter, dan tiga tabel fungsi.
ENIAC menggunakan tabung radio berbasis oktal yang sering digunakan pada masanya, akumulator decimalnya di buat dati flip-flop 6SN7, sedangkan 6L7, 6SJ7, 6SA7 dan 6AC7 digunakan untuk fungsi logika. Sejumlah banyak 6L6 dan 6V6 digunakan sebagai ‘’line driver’’ untuk mengendalikan pulsa diantata kabel di antara rak pengatur.

Masa-masa akhir ENIAC

Eckert dan Mauchly menggunakan pengalaman yang mereka peroleh dan mendirikan Eckert-Mauchly Computer Corporation, yang memproduksi komputer pertama mereka, BINAC pada 1949 sebelum akhirnya diambil alih Remington Rand pada 1950 dan dinamakan ulang sebagai divisi Univac mereka.
ENIAC beroperasi hingga 2 Oktober 1955. Desainnya tidak akan pernah diulang lagi dan akibatnya kekurangannya tidak pernah diperbaiki, khususnya ketidak mampuannya menyimpan program. Namun ide-ide ynag berasal dari karya tersebut dan pengaruhnya pada orang-orang seperti John von Neumann sangat besar dalam pengembangan komputer-komputer generasi selanjutnya, awalnya EDVAC, EDSAC dan SEAC. Sejumlah perbaikan juga dilakukan kepada ENIAC sejak 1948, termasuk mekanisme pemrogram tersimpan read-only [1] yang menggunakan Tabel Fungsi sebagai ROM program, sebuah ide yang ditawarkan John von Neumann. Perubahan ini mengurangi kecepatan ENIAC dengan faktor hingga 6 kali, namun juga mengurangi masa pemrograman hingga tinggal berjam-jam (dari sebelumnya yang mencapai berhari-hari), sehingga kekurangan kecepatan tersebut dianggap pantas.
Hingga 2004, sebuah chip silikon berukuran 0,5 mm persegi mempunyai kapasitas yang sama dengan ENIAC, yang mengambil satu ruangan.
http://id.wikipedia.org/wiki/ENIAC

2.     Komputer Generasi Kedua

Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.
Transistor mulai dipakai dalam teknologi komputer dimulai pada tahun 1956. Mesin pertama yang dapat memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM menciptakan superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah data yang besar, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Selanjutnya pada awal tahun 1960-an, mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Sebagai salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk memproses informasi keuangan perusahaan.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan.

3.     Komputer Generasi Ketiga

Meskipun transistor dalam banyak hal memiliki kemampuan yang melebihi tube vakum, tapi transistor terlalu besar dalam menghasilkan panas, yang berpotensi bisa merusak bagian-bagian dalam komputer. kemudian ditemukanlah Batu kuarsa atau quartz rock yang dapat menghilangkan masalah ini. Seorang insinyur di Texas Instrument, bernama Jack Kilby mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC dapat mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon yang kecil terbuat dari pasir kuarsa. kemudian para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang dinamakan semikonduktor. sehingga menghasilkan sebuah komputer yang semakin kecil karena komponen yang ada di dalamnya dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga yang lain adalah penggunaan sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya operating system, yaitu suatu sistem yang memungkinkan mesin dapat menjalankan berbagai program yang berbeda secara bersamaan dengan sebuah program utama yang mengawasi atau memonitor dan mengkoordinasi memori mesin komputer.

 
Setelah Integrated Circuit tujuan pengembangan komputer menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan juga komponen-komponen elektrik lainnya.
Large Scale Integration (LSI) dapat menampung ratusan komponen dalam satu buah chip. Kemudian pada tahun 1980-an Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam satu buah chip tunggal.
AMD Athlon
 

Selanjutnya alat-alat tersebut dikembangkan lagi menjadi Ultra-Large Scale Integration (ULSI) yang dapat meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Sehingga dengan mampunya komponen elektronik ditampung menjadi ukuran yang lebih kecil maka ukuran dan juga harga komputer terdorong turun. Dengan kelebihan tersebut maka daya kerja, efisiensi dn juga kegunaan komputer menjadi meningkat. Kemajuan IC selanjutnya yaitu pada tahun 1971 Chip intel 4004 dibuat, dengan dibuatnya Chip ini maka komponen dari sebuah komputer (Central Processing Unit, Memory, dan juga kendali Input/Output) disimpan dalam chip kecil ini, yang pada sebelumnya IC (Integrated Circuit) ini dibuat untuk mengerjakan tugas tertentu yang lebih spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan juga kemudian di Program untuk memenuhi kebutuhan yang di inginkan. Tidak lama kemudian sejak kemajuan tersebut setiap alat rumahtangga misalnya : Televisi, Oven, Microwave dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Dengan perkembangan tersebut maka memungkinkan orang-orang sudah biasa untuk mengoprasikan komputer biasa. Pada pertengahan tahun 1970-an kemudian komputer ditwarkan kepada masyarakat umum oleh para perakitnya. komputer ini disebut juga minikomputer dijual satupaket dengan piranti lunak yang mudah untuk digunakan oleh kalangan masyarakat awam.
Program Word Processing dan Spreedsheet merupakan program yang banyak digunakan dan populer pada saat itu. Kemudian pada tahun 1980-an, video Game seperti Atari 2600 banyak menarik perhation konsumen pada komputer rumahan yang dapat di program dan juga lebih canggih.

Perkembangan Sejarah komputer generasi keempat/4 Selanjutnya pada tahun 1981, IBM memperkenalkan personal komputer (PC yang dapat digunakan di Rumah, Kantor, dan juga Sekolah. Sehingga jumlah pengunaaan PC melonjak nail dari yang tadinya hanya 2,2 juta pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta pada tahun 1982. Dan 10 tahun kemudian 56 juta PC digunakan. Perkembangan komputer terus berlanjut dengan ukuran yang lebih sederhana dan lebih kecil dari komputer yang biasa. (Dekstop Komputer) menjadi komputer yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana dan dapat dimasukan kedalam tas atau yang bisa disebut laptop. dan juga plamtop yaitu komputer yang dapat di pegang.